IPPD SIDOHARJO TAHUN 2018
14 Februari 2019 10:32:33 WIB
INFORMASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA TAHUN 2018
KEPADA MASYARAKAT
( IPPD )
DESA SIDOHARJO
KECAMATAN TEPUS
KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Alamat : Bintaos, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul. 55881
PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL
KECAMATAN TEPUS
DESA SIDOHARJO
Alamat : Bintaos, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul. 55881
|
|
|
|
Bintaos, |
Nomor Lamp. Hal |
: : : |
- Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (IPPD) Tahun Anggaran 2018 |
Yth. |
Kepada Segenap warga Masyarakat Desa Sidoharjo Di Sidoharjo |
Dengan hormat,
Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat, taufiq serta hidayahNya, sehingga Pemerintah Desa Sidoharjo dapat melaksanakan tugas penyusunan Laporan keterangan pertanggungjawaban Kepala Desa kepada BPD (LKPJ Kepala Desa) Tahun Anggaran 2018.
Sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan sosial kemasyarakatan bersama ini kami susun Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun 2018 kepada seluruh masyarakat Desa Sidoharjo.
Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama kepada seluruh warga masyarakat Desa Sidoharjo yang telah ikut serta menyumbangkan baik materi, pikiran maupun tenaga sehingga rencana kerja pemerintah desa (RKPDesa) tahun anggaran 2018 dapat berjalan dan terlaksana dengan baik (Realisasi dan perkembangan kegiatan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Sidoharjo selengkapnya terlampir).
Kami menyadari bahwa Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa masih banyak kekurangan dan kesalahan di sana sini untuk itu kami mohon saran, petunjuk serta bimbingan kepada seluruh warga masyarakat Desa Sidoharjo agar kedepan bisa berjalan lebih baik dan semoga Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa kepada seluruh masyarakat Desa Sidoharjo ini dapat dijadikan bahan sarana evaluasi sehingga dapat dipergunakan untuk pengambilan kebijakan lebih baik untuk Desa Sidoharjo.
Demikian Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa ini kami sampaikan Kepada seluruh masyarakat Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul sebagai bentuk Pertanggung jawaban kami dalam pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Sidoharjo Tahun Anggaran 2018.
Akhirnya kami mohon doa restu untuk bersama-sama menyongsong hari depan yang lebih baik, sekian dan terima kasih.
Sidoharjo, Januari 2019
Kepala Desa Sidoharjo,
EVI NURCAHYANI, S.IP
INFORMASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA TAHUN 2018
KEPADA MASYARAKAT
BAB I
PROGRAM KERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
- Rencana Program Kerja Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun Anggaran 2018.
- Penghasilan tetap dan tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa
- Penghargaan Purna Tugas bagi Aparatur Pemerintah Desa
- Tunjangan dan Operasional BPD
- Kegiatan Operasional Pemerintah Desa
- Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
- Penyediaan Peralatan Rumah Tangga
- Pengadaan Peralatan Kerja
- Pengadaan Mebelair
- Pemeliharaan Rutin/berkala gedung kantor
- Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional
- Rehabilitasi Sedang/Berat Gedung Kantor
- Operasional RT/RW
- Opersional PKK
- Operasional LPMD
- Operasional Karang Taruna
- Pengadaan seragam/pakaian dinas Kades/Perangkat Desa
- Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundangan
- Pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID)
- Penyusunan Rancangan Peraturan Desa tentang RKPDesa
- Penyelenggaraan Musyawarah Desa(Musdes) RKPDesa
- Penyelenggaraan Musrenbang Desa/RKPDesa
- Peyusunan Raperdes tentang APBdesa
- Penyusunan Raperdes tentang Perubahan APBDesa
- Penyusunan Raperdes tentang Pertanggungjawaban APBDesa
- Inventarisasi kekayaan/aset desa
- Penyusunan Raperdes tentang Pengelolaan aset desa
- Penyusunan Raperdes tentang Pungutan Desa
- Pengisian Perangkat desa
- Pengadaan sarana Pengolahan dan penyimpanan arsip desa
- Pelaksanaan Program Kerja Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun Anggaran 2018.
- Terpenuhinya Siltap Kepala Desa dan Perangkat Desa
- Terpenuhinya tunjangan dan operasional BPD
- Terpenuhinya Operasional Pemerintah Desa
- Terlaksananya perbaikan peralatan kantor
- Tersedianya peralatan kantor dan rumah tangga
- Terpenuhinya peralatan kerja yang memadahi
- Tersedianya mebelair kantor yang memadahi
- Terpeliharanya gedung kantor dan balai desa
- Terpeliharanya kendaraan dinas
- Terlaksananya Rehab Sedang/Berat Gedung Kantor
- Tercipanya kenirja RT/RW yang baik
- Terpenuhinya operasional PKK
- Terpenuhinya Operasional LPMD
- Terpenuhinya Operasional Karang Taruna
- Terpenuhinya seragam/pakaian dinas Kades/Perangkat Desa
- Tersedianya informasi kegiatan desa
- Tersusunya RKPDesa Tahun Anggaran 2019
- Terselenggaranya musyawarah desa tentang RKPDesa 2019
- Terselenggaranya Musrenbang Desa
- Tersusunnya Peraturan Desa tentang APBDesa tahun Anggaran 2019
- Tersusunnya Peraturan Desa tantang Perubahan APBDesa Tahun 2018
- Tersusunnya Peraturan Desa tentang Pertanggungjawaban APBDesa Tahun 2018
- Tersedianya sarana pengelolaan arsip desa
- Penghargaan purna tugas bagi perangkat desa
BAB II
PROGRAM KERJA DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
- Rencana Program Kerja Bidang Pelaksanaan Pembangunanan Desa Tahun Anggaran 2018.
- Insentif Pendidik dan Dukungan Penyelenggaraan PAUD
- Pengelolaan Perpustakaan Desa
- Pembinaan Taman Bacaan Masyarakat
- Pembinaan kelompok –kelompok belajar yang ada di desa
- Pengembangan obyek wisata yang dikelola desa
- Pembangunan saluran drainase /gorong –gorong
- Pembangunan gapura
- Pembangunan jaringan air bersih /air minum desa (PAMSIMAS)
- Pemeliharaan jaringan air bersih/ air minum desa
- Pembangunan kios desa
- Rehabilitasi /pemeliharaan kios desa
- Rehabilitasi/pemeliharaan pasar desa
- Pembangunan/pemeliharaan Taman Desa
- Pengelolaan Polindes dan Pos kesehatan Desa
- Penyelenggaraan Pencegahan dan Pembrantasan penyakit menular dan wabah
- Pembinaan dan pengembangan pos pelayanan Terpadu(POSYANDU)
- Pengembangan Desa Siaga
- Pemberian makanan tambahan untuk balita/siswa PAUD
- Pelaksanaan Program Kerja Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2018.
- Terpenuhinya Insentif Pendidik dan perawatan gedung PAUD
- Terselenggaranya pengelolaan perpustakaan desa
- Terselenggaranya taman bacaan masyarakat
- Terciptanya kelompok-kelompok belajar yang baik
- Terciptanya pengelolaan objek wisata yang baik
- Terwujudnya drainase yang baik di Pasar Bintaos
- Tersedianya kebutuhan air bersih masyarakat
- Terlaksanya pipanisasi area Krapyak, Slili dan sadranan serta terbangunnya gudang spamdes
- Terlaksananya pembangunan kido di Pasar Krapyak
- Terlaksananya penyempurnaan kios pasar di Krapyak
- Terlaksananya pemeliharaan pasar desa Bintaos
- Penyuluhan tentang Pemberantasan Penyakit Menular
- Tersedianya POSBINDU dan Poskesdes yang memadahi
- Terbinyanya kader posyandu
- Optimalnya kinerja pengurus desa siaga
- Terpenuhinya gizi balita/ siswa PAUD
- Terlaksananya pemeliharaan taman desa
BAB III
PROGRAM KERJA PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
- Rencana Program Kerja Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa Tahun Anggaran 2018.
- Pembinaan RT dan RW
- Pelaksanaan Peringatan Hari besar nasional
- Kegiatan pembinaan satuan perlindungan masyarakat/ LINMAS
- Pengembangan kesiapsiagaan masyarakat menghadapai bencana
- Penyelenggaraan kompetensi olah raga
- Pembinaan Kelembagaan Desa Tangguh Bencana
- Optimalisasi Peran Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Desa(TKPK Desa)
- Pelatihan keterampilan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial
- Pemberdayaan bagi warga difabel/penyandang DISABILITAS
- Pelaksanaan Upacara adat Daerah
- Pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah
- Pengembangan kehidupan sosial keagamaan
- Pelaksanaan Program Kerja Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa Tahun
- Terciptanya kinerja RT/ RW yang baik
- Terciptanya rasa nasionalisme
- Terciptanya lingkungan yang tertip dan kondusif
- Terciptanya olehragawan desa
- Optimalnya kegiatan FPRB dan Tim PB
- Optimalisasi Peran TKPK Desa
- Terciptanya disabilitas yang mandiri
- Terselenggaranya Upacara adat Daerah
- Terpeliharanya seni budaya daerah
- Terciptanya kehidupan sosial keagamaan yang baik
BAB IV
PROGRAM KERJA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
- Rencana Program Kerja Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun Anggaran 2018.
- Pelatihan aparatur Pemerintah Desa di bidang Perencanaan Pembangunan Desa
- Pelatihan aparatur Pemerintah Desa di bidang Pengelolaan keuangan Desa
- Pelatihan aparatur Pemerintah Desa di bidang manajemen pemerintah Desa
- Pelatihan aparatur Pemerintah Desa di bidang adm. Desa
- Pembinaan LPMD
- Pelaksanaan Bulan bhakti gotong royong
- Pembinaan Kader Pemberdayaan Masyarakat
- Pelaksanaan evaluasi/ perlombaan desa/padukuhan
- Pemberian Stimulan Pembangunan Infrastruktur Padukuhan
- Pelatihan kelompok petani
- Pembentukan dan pengembangan BUMDes
- Pengembangan kelompok pertanian dan perikanan
- Pembinaan dan Pembangunan usaha mikro berbasis desa
- Pembinaan Pengelolaan Taman Obat Keluarga/TOGA
- Pembinaan Masyarakat Pola Hidup Bersih dan Sehat/PHBS
- Pembinaan Kader kesehatan/KB
- Pelaksanaan Program Kerja Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun Anggaran 2018.
- Terciptanya perencanaan pembangunan yang baik
- Terciptanya pengelolaan keuangan desa yang baik
- Terciptanya menejemen perangkat desa
- Terselenggaranya administrasi yang baik
- Terbinanya LPMP Desa Sidoharjo
- Terbinanya kader PKK dan Karang Taruna
- Terlaksananya evaluasi pembangunan padukuhan
- Terpenuhinya infrastruktur padukuhan yang baik
- Terciptanya kelompok petani yang baik
- Terciptanya pengelolaan ekonomi produktif
- Berkembangnya BUMDesa yang baik
- Pengembangan budidaya sayuran di area Pasar Krapyak
- Terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman
- Terselenggaranya optimalisasi kinerja kelompok KWT
- Terciptanya kinerja kader kesehatan yang baik
BAB V
PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA
- Rincian APBDesa Tahun Anggaran 2018
Berdasarkan Peraturan Desa Sidoharjo Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018 secara umum APBDesa Tahun Anggaran 2018 adalah sebagai berikut :
1. Pendapatan Desa 2. Belanja Desa a) Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa; b) Bidang Pembangunan Desa; c) Bidang Pembinaan Kemasyarakatan; d) Bidang Pemberdayaan Masyarakat; e) Bidang Tak Terduga; f) Jumlah Belanja; g) Surplus/ (Defisit). 3. Pembiayaan Desa a) Penerimaan Pembiayaan; b) Pengeluaran Pembiayaan; c) Silisih Pembiayaan. |
Rp.
Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. |
1.934.453.050,-
898.182.072,- 626.008.500,- 164.121.725,- 364.343.000,- 5.000.000,- 2.057.655.297,- (123.202.247,-) 123.202.247,- 123.202.247 - - |
- Berdasarkan Realisasi APBDesa Tahun Anggaran 2018.
Berdasarkan Peraturan Desa Sidoharjo Nomor 01 Tahun 2019 tentang Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa Tahun Anggaran 2018, secara umum realisasi APBDesa Tahun Anggran 2018 adalah sebagai berikut :
1. Pendapatan Desa 2. Belanja Desa a) Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa; b) Bidang Pembangunan Desa; c) Bidang Pembinaan Kemasyarakatan; d) Bidang Pemberdayaan Masyarakat; e) Bidang Tak Terduga; f) Jumlah Belanja; g) Surplus/ (Defisit). 3. Pembiayaan Desa a) Penerimaan Pembiayaan; b) Pengeluaran Pembiayaan; c) Silisih Pembiayaan. |
Rp.
Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.
Rp. Rp. Rp. |
1.969.263.589,00
815.193.395,00 612.713.500,00 156.993.375,00 361.795.500,00 0,00 1.946.695.770,00 22.567.819,00
123.202.247,00 0,00 123.202.247,00 |
BAB VI
PENUTUP
- KESIMPULAN
Demikian Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2018 Kepada Masyarakat Desa Sidoharjo, dan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dapat kami simpulkan bahwa :
- Program kegiatan dan realisasi kegiatan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya;
- Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa berdasar pada Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2018 yang telah disampaikan oleh kepala desa kepada masyarakat desa sidoharjo;
- Informasi Pemerintahan desa ini mencakup 4 bidang :
- Bidang Penyelenggaraan Pemnerintah Desa;
- Bidang Pembangunan;
- Bidang Pembinaan Kemasyarakatan;
- Bidang Pemberdayaan Masyarakat.
Sidoharjo, Januari 2019
Kepala Desa Sidoharjo
EVI NURCAHYANI, SIP
Formulir Penulisan Komentar
Pencarian
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | |
Kemarin | |
Pengunjung |
- Pemerintah Kapanewon Tepus Monitoring Pelaksanaan APBKal Sidoharjo Tahun 2024
- Verifikasi Lapangan Dari BKAD Kabupaten Gunungkidul Atas Usulan Penghapusan Piutang PBB-P2
- Pendataan Keluarga Miskin Dan Muskal DTKS
- Turut Berduka Untuk Keluarga Almarhumah Hj. Sri Hartati
- Bamuskal Kawal Pelaksanaan APBKal
- Semangat Pagi Dengan Apel Pagi
- Koordinasi, Bersiap Untuk Minggu Ini